Tempatnya Sharing Ilmu Kesehatan Terutama Di Bidang Farmasi

Isi Sumpah Apoteker yang Wajib dilaksanakan

336280
Isi Sumpah Apoteker yang Wajib dilaksanakan
Isi Sumpah Apoteker (jurnalsikaroh)

Sarjana farmasi adalah orang yang telah lulus di perguruan tinggi farmasi sedangkan apoteker adalah orang yang telah lulus sarjana farmasi kemudian melanjutkan studinya ke jenjang yang lebig tinggi yaitu profesi apoteker. Apoteker juga sudah mengucap sumpah janji jabatan apoteker.

Sumpah apoteker biasanya disaksikan oleh pengurus IAI dan pengurus Komite Farmasi Nasional.  Pada pelaksanaan sumpah apoteker ini merupakan situasi yang sakral, karena pada saat sumpah apoteker diucapkan, Tuhan Allah SWT juga mendengar sekaligus menjadi saksi apa yang di ucapkan dalam sumpah apoteker terserbut. Oleh karena itu sumpah apoteker hendaknya harus dihayati, dilaksanakan dengan sepenuh hati tanpa beban.
Langung saja, berikut ini adalah isi dari sumpah apoteker yang diucapkan pada saat pelantikan apoteker baru yang sedang lulus

Sumpah Apoteker

SAYA BERSUMPAH / BERJANJI AKAN MEMBAKTIKAN HIDUP SAYA GUNA KEPENTINGAN PERIKEMANUASIAAN TERUTAMA DALAM BIDANG KESEHATAN.
(pada intinya apoteker dalam hidupnya harus bersedia membaktikan untuk kepentingan masyarakat khusunya dibidang kesehatan tanpa membedakan siapa-siapa)

SAYA AKAN MERAHASIAKAN SEGALA SESUATU YANG SAYA KETAHUI KARENA PEKERJAAN SAYA DAN KEILMUAN SAYA SEBAGAI APOTEKER.

(pada intinya apoteker harus bisa merahasiakan segalam macam bentuk info apa saja yang didapatkan oleh orang, misal menjaga rahasia penyakit dari pasien )


SEKALIPUN DIANCAM, SAYA TIDAK AKAN MEMPERGUNAKAN PENGETAHUAN KEFARMASIAN SAYA UNTUK SESUATU YANG BERTENTANGAN DENGAN HUKUM PERIKEMANUSIAAN.

(pada intinya apoteker tidak boleh menggunakan ilmunya untuk kepentingan yang negatif dan bertentangan dengan hukum, misal apoteker mau merakit bom karena apoteker mengetahui bahannya)

SAYA AKAN MENJALANKAN TUGAS SAYA DENGAN SEBAIK - BAIKNYA SESUAI DENGAN MARTABAT DAN TRADISI LUHUR JABATAN KEFARMASIAN.

(pada intinya apoteker harus bertanggung jawab sesuai dengan keilmuannya dan tidak menggunakan keilmuannya untuk kepentingan lain yang bisa merugikan siapa saja)


DALAM MENUNAIKAN KEWAJIBAN SAYA, SAYA AKAN BERIKHTIAR DENGAN SUNGGUH - SUNGGUH SUPAYA TIDAK TERPENGARUH OLEH PERTIMBANGAN KEAGAMAAN, KEBANGSAAN, KESUKUAN, KEPARTAIAN, ATAU KEDUDUKAN SOSIAL.

(pada intinya dalam menjalalankan praktek kefarmasian tidak boleh terpengaruh oleh siapapun sesuai dengan hati nurani)


SAYA IKRAR SUMPAH / JANJI INI DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DENGAN PENUH KEINSYAFAN


Demikian isi dari sumpah apoteker,semoga apoteker indonesia bisa menjalankan tugasnya sebaik-baiknya sesuai dengan sumpah yang diucapkan.

Terimakasih, salam apoteker

INFEED
Labels: Apotek, Farmasi

Thanks for reading Isi Sumpah Apoteker yang Wajib dilaksanakan. Please share...!

0 Comment for "Isi Sumpah Apoteker yang Wajib dilaksanakan"

Back To Top