Tempatnya Sharing Ilmu Kesehatan Terutama Di Bidang Farmasi

8 Waktu yang Dianjurkan Minum Air Putih Selama Puasa

336280
8 Gelas Air Putih Sehari (Jelasberita)
Selama puasa tentunya kita harus menjaga kondisi supaya tetap fit dan fresh. Terutama selama bulan puasa ramadan ini. Kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan tubh kita supaya puasa kita berjalan dengan lancar. Salah satunya yaitu menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi merupakan hal yang sangat penting dalam kesehatan. Apabila seseorang mengalami gejala dehidrasi ringan-berat dan tidak segera ditangani dengan baik, maka akan berakibat buruk bahkan kematian. Masalahnya yaitu tubuh kekurangan cairan.

Anjuran dokter untuk minum air putih 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari ini memang ditujukan salah satunya untuk menghindari dehidrasi tubuh. Takaran berapa gelas/liter disesuaikan dengan kondisi tubuh dan akivitas sehari-hari. Ukuran 8 gelas/2 liter per hari itu hanya standar kurang-lebih untuk orang dewasa, bisa leboh atau kurang dan dapat disesuaikan.

Nah, bagaimana pada waktu puasa?kan seharian gak minum air putih tuh?apa gak dehidrasi?
Pertanyaan ini akan dibahas lebih lanjut dan mendalam. Mari kita bahas satu per satu.

Pertama yang harus dipahami adalah selama puasa asalkan kita sahur dan minum air putih yang cukup tidak akan mengalami dehidrasi kecuali melakukan aktivitas fisik yang berat dan mengeluarkan banyak keringat. Lalu biar tidak mengalami dehidrasi selam puasa?kita harus minum berapa gelas saat sahur dan buka puasa?

Kita asumsikan kebutuhan air putih untuk orang dewasa yaitu 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih. Kalau minum air putih saat sahur 4 gelas dan saat buka puasa 4 gelas bagaimana? sebenarnya tidak apa-apa, tetapi ukuran perut seseoran kan berbeda-beda. Kalau sekali minum langsung 4 gelas nanti malah kembung dan sering ke toiler, hehe. Nah dibawah ini dijelaskan 8 waktu yang dianjurkan minum air putih selama puasa.
1 gelas pertama.
Minumlah air putih segera saat bangun tidur sebelum sahur. Waktu ini juga sangat dianjurkan oleh dokter segera minum putih saat bangun tidur.

1 gelas kedua
Minumlah air putih saat setelah selesai sahur.

1 gelas ketiga
Minumlah air putih segera saat berbuka/mendengar adzan maghrib. Hal ini sangat dianjurkan karena setelah seharian perut kosong dan otomatis kekurangan cairan. Dan jangan terburu-buru makan makanan yang berat. Biarkan perut beradaptasi dahulu. Baru kemudian makan makanan yang ringan.

1 gelas keempat
Minumlah air putih saat setelat sholat maghrib dan segera makan makanan yang berat. Jangan terlalu nafsu karena nanti perutmu malah sudah terisi penuh dengan makanan. Dan seperti pesan nabi, isilah perutmu 1/3 dengan air. 1/3 dengan makanan dan 1/3 dengan udara.

1 gelas kelima
Minumlah air putih saat setelah selesai makan.

1 gelas keenam
Minumlah air putih saat selesai sholat isak. Kalau sholat isaknya dimasjid bersama dengan sholat tarweh bisa dilakukan setelah sholat tarweh.

1 gelas ke tujuh
Minumlah air putih saat selesai sholat taraweh. Apabila sholat tarweh dilakukan bersamaan bisa dilakukan minum sekaligus 2 gelas. Tetapi alangkah baiknya membawa minum saat pergi ke masjid.

1 gelas ke delapan.

Air putih terkahir diminum saat menjelang/sebelum tidur malam. Sesuai anjuran dokter juga minumlah air putih saat bangun maupun sebelum tidur.

Jadi total sehari pas 8 gelas air putih atau sekitar 2 liter. Dengan begini dehidrasi tubuh bisa dihindari.

Sekian dan semoga bermanfaat.
Salam apoteker.
INFEED
Labels: manfaat kesehatan, Tips Kesehatan

Thanks for reading 8 Waktu yang Dianjurkan Minum Air Putih Selama Puasa. Please share...!

0 Comment for "8 Waktu yang Dianjurkan Minum Air Putih Selama Puasa"

Back To Top