Tempatnya Sharing Ilmu Kesehatan Terutama Di Bidang Farmasi

Apa Jadinya Minum Obat dengan Susu ?

336280
Apa Jadinya Minum Obat dengan Susu ?
Minum Obat Dengan Susu (gregetan)
Tenaga kesehatan umumnya harus tahu tentang kapan pemberian obat yang tepat dan apa saja yang dapat mengurangi absorbsinya/penyeraopannya. Terutama tenaga kesehatan apoteker yang merupakan bidang keilmuannya. Sering kali masyarakat tahu bahwa minum obat-obatan dengan atau bersamaan dengan susu akan berbahaya. Pernyataan ini ada benarnya juga tapi ada salahnya juga.


Mari kita bahas kenapa minum obat tidak boleh bersamaan dengan minum susu. Sebenarnya minum obat bersamaan dengan susu tidak sepenuhnya berbahaya. Kenapa ? karena berdasarkan penelitian, hanya sekitar 15% dari obat antibiotik oral yang akan bermasalah apabila diminum bersamaan dengan susu. Yang paling terkenal dari golongan 15 % tersebut adalah antibiotik seperti tetrasiklin (minosiklin dan doksisiklin) dan sebagian lainnya adalah golongan fluorchinolon (ciprofloksasin). 


Apakah obat/antibiotik terserbut akan berbahaya jika diminum bersamaan dengan susu? Jawabannya tidak, hanya saja akan terjadi masalah dalam penyerapannya. Kandungan paling banyak dalam susu adalah kalsium. Kalsium ini apabila bercampur dengan golongan antibiotik yang disebutkan diatas tadi akan membentuk gumpalan yang berbentuk bulat/bundar. Nah, karena ukuran gumpalan bundar ini berukuran terlalu besar, sehingga akan sulit untuk melewati dinding usus. Akibatnya zat aktif yang terkandung dalam antibiotik tidak masuk kedalam pembuluh darah, akan tetapi dicerna oleh usus. Dan efeknya yaitu pengobatan yang dilakukan efeknya berkurang bahkan tidak ada. Itulah kenapa golongan antibiotik ini dihindari untuk diminum bersamaan dengan susu. Nah, agar efek tersebut dihilangkan, maka disarankan untuk diberikan jeda minimal 2 jam setelah minum obat atau sebelum minum obat.
Apa Jadinya Minum Obat dengan Susu ?
Tetrasiklin 


Berbeda dengan golongan antibitoik diatas. Ada beberapa obat yang justru malah lebih baik diminum bersamaan dengan susu. Yaitu golongan NSAID (non steroid anti inflammatory drug). Contoh yang terkenal dari golongan NSAID adalah ibuprofen dan aspirin. Kenapa golongan NSAID baik diminum bersamaan dengan susu? Karena golongan obat-obatan NSAID termasuk golongan yang sifatnya lipofilik, yaitu suka/mudah larut dalan lemak. Sehingga golongan NSAID akan mudah terserap/terabsorbsi. 
Apa Jadinya Minum Obat dengan Susu ?
Golongan NSAID(Clarity Allergy Center)


Sebaiknya apabila minum obat-obatan apapun itu jenisnya sebaiknya menggunakan air putih biasa tanpa dicampur apapun. Karena air putih itu bersifat netral sehingga tidak menganggu proses absorbsi/proses lainnya dari obat.

Sekian dan semoga bermanfaat.
Tanya Obat ? Ya Ke Apoteker.

INFEED
Labels: Farmasi, Tips Kesehatan

Thanks for reading Apa Jadinya Minum Obat dengan Susu ?. Please share...!

0 Comment for "Apa Jadinya Minum Obat dengan Susu ?"

Back To Top