Tempatnya Sharing Ilmu Kesehatan Terutama Di Bidang Farmasi

Pentingnya Vakisn Kanker Servix dan Efek Samping Yang DI Timbulkan

336280
Kanker Servix
Vaksin Kanker Servix (Prodia)
Kanker merupakan penyakit yang ditakuti oleh semua orang karena keganasannya. Kanker sebenarnya bisa dicegah apabila mengetahui tanda dan gejalanya. Kanker yang paling besar menimbulkan kematian di Indonesia adalah kanker servix dan payudara . ada banyak upaya dan cara untuk menekan angka kejadian tersebut. Salah satunya yaitu dengan cara vaksin kanker servix.

Kanker servix menyerang pada dinding/leher rahim wanita. Penyebab dari kanker servix ini adalah virus yang ditularkan melalui hubungan seksual. Virus penyebab kanker servix ini adalah human papilomavirus (HPV). Nah, dengan kanker servix ini diharapkan angka kejadian penderita kanker servix di Indonesia berkurang. 

Infeksi HPV pada wanita apabila tidak ditangani dengan segera maka akan menyebabkan pertumbuhan sel baru yang ada di servix. Sel inilah yang nantinya berkembang dan tumbuh menjadi kanker servix

Wanita sebaiknya dianjurkan untuk melakukan vaksin kanker servix. Vaksin yang direkomendasikan sebayak tiga kali pemberian. Vaksin kanker servix pertama kali diberikan pada umur 11-20 tahun, vaksin kanker servix kedua diberikan biasanya satu/dua bulan setelah pemberian vaksin pertama dan vaksin kanker servix yang ketiga diberikan 6 bulan setelah pemberian vaksin kanker servix yang pertama.

Diharapkan pemberian vaksin kanker servix selama tiga kali tersebut bisa dijadikan sebagai perlindungan/imunitas pada wanita jangka panjang yang akhirnya angka kejadian kanker servix di Indonesia bisa berkurang. Pria pun juga dianjurkan untuk melakukan vaksin kanker servix. Biasanya kalau pria diberikan vaksin kanker servix saat berumur 26 tahun.

Jenis-jenis vaksin kanker servix.

Dibawah ini merupakan beberapa contoh vaksin kanker servix :

Yang pertama yaitu Cervarix. Umumnya digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker.Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.

Yang kedua yaitu Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan pada usia 9-26 tahun.

Yang ketiga yaitu Gardasil 9. Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.


Efek Samping Vaksin Kanker Servix
Semua obat/vaksin pasti ada efek samping yang merugikan. Orang yang diberikan vaksin kanker servix yang sering dikeluhkan seperti bengkak, nyeri dan kemerahan pada bekas suntikan vaksin. Selain itu juga seperti demam, mual dan rasa sakit di seluruh badan. Efek samping ini terjadi tergantun masing-masing individu.


Demikian informasi yang dapat disampaikan, silahkan share dan semoga bermanfaat

Sumber : alodokter

Salam Apoteker



INFEED
Labels: manfaat kesehatan, Tips Kesehatan

Thanks for reading Pentingnya Vakisn Kanker Servix dan Efek Samping Yang DI Timbulkan. Please share...!

0 Comment for "Pentingnya Vakisn Kanker Servix dan Efek Samping Yang DI Timbulkan"

Back To Top