Tempatnya Sharing Ilmu Kesehatan Terutama Di Bidang Farmasi

Tugas Managemen Farmasi

336280



sumber : google.com



TUGAS MANAJEMEN FARMASI






1. Diskusikan tentang konsep nilai pelanggan dan pentingnya nilai pelanggan dalam kesuksesan pemasaran. Bagaimana hubungan konsep nilai pelanggan tersebut dengan kesuksesan pemasaran tersebut?


2. Identifikasikan perbedaan besar antara konsep marketing dan produksi, produk serta konsep penjualan. Diskusikan mana yang lebih terpercaya untuk jangka panjang?






Jawaban:






1. John McLaughlin dalam website www.studi.com menjelaskan bahwa:





Hal tersebut dapat diartikan bahwa nilai pelanggan merupakan perbedaan antara nilai-nilai keuntungan atau manfaat yang diperoleh pelanggan dari memiliki dan menggunakan suatu produk dan biaya untuk memperoleh produk tersebut.


Dalam penjelasan tersebut, kita dapat melihat arti dari nilai pelanggan dan menemukan cara konsumen untuk menggunakan nilai pelanggan dalam membuat keputusan saat melakukan proses pembelian.


Dalam setiap keputusan membeli, konsumen biasanya bertanya tentang pertanyaan yang sama, yaitu “Apakah produk yang Saya beli dengan sejumlah biaya yang dibayar tersebut sesuai dengan manfaat yang akan saya peroleh dari produk tersebut?'


Setiap konsumen memiliki kebutuhan yang unik serta beragam, sehingga tidak ada dua konsumen akan menempatkan nilai pelanggan yang sama pada produk atau jasa yang sama. Kualitas tertinggi produk atau jasa tidak selalu memberikan nilai pelanggan tertinggi, karena manfaat dari setiap item diukur terhadap biaya. Beberapa konsumen bersedia membayar harga tinggi untuk produk yang berkualitas atau tingkat layanan yang tinggi, tetapi yang lain akan membuat keputusan bahwa manfaat yang sama tidak bisa diukur dengan harga suatu produk.


Konsep nilai pelanggan dan pemasaran tentu saling berhubungan karena penyedia jasa / barang harus dapat melihat peluang pasar dengan baik sesuai kebutuhan yang dicari oleh pelanggan, sehingga penyedia dapat memberikan pelayanan yang baik dan pelanggan dapat merasa puas dengan pelayanan tersebut. Misalnya, (1) suatu perusahaan yang focus dalam memberikan harga terjangkau dengan kualitas pelayanan terbaik atau (2) perusahaan yang menawarkan produk-produk berkualitas untuk meningkatkan nilai pelanggan dari penawaran mereka kepada konsumen, dengan menyediakan manfaat yang tinggi, yang melebihi biaya tinggi, sehingga membuat pelanggan merasa percaya diri dan merasa berharga.


http://study.com/academy/lesson/what-is-customer-value-marketing-definition-quiz.html






2. Perbedaan besar:






§ Konsep pemasaran: Konsep ini menyatakan bahwa mencapai tujuan perusahaan tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan dari target pasar dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien kepada konsumen daripada perusahaan pesaingnya.


§ Konsep produksi: Konsep ini adalah salah satu filosofi tertua yang menuntun penjual. Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dengan harga yang sangat terjangkau → manajemen harus fokus pada peningkatan efisiensi produksi dan distribusi.


§ Konsep produk: Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas yang tinggi, kinerja baik, dan fitur yang inovatif → suatu perusahaan harus mengerahkan banyak energi untuk membuat perbaikan dan peningkatan kualitas produk secara terus-menerus. Konsep ini dapat menyebabkan pemasaran miopia. Istilah pemasaran myopia merupakan istilah dari Theodore Levitt pada tahun 1960 di Harvard Business Review;. dari sebuah jurnal yang beliau perbaiki kembali. Istilah myopia ini mencari pendekatan terlihat dan lebih mendalam terhadap konsep pemasaran semata yang berfokus pada kebutuhan perusahaan dalam jangka pendek, tapi melupakan prediksi perubahan dimasa yang akan dating, bukannya perusahaan menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan malah sibuk dengan strategi keuntungan perusahan.


§ Konsep penjualan: Konsep ini menyatakan bahwa konsumen tidak akan membeli cukup produk sesuai keinginan produsen, kecuali perusahaan melakukan upaya penjualan dan promosi besar-besaran. Konsep ini biasanya dilakukan dengan barang-barang yang “tidak dicari”. Sebagian besar perusahaan mempraktekkan konsep penjualan ini ketika mereka memiliki hasil produksi lebih dari kapasitas.


Dari perbedaan-perbedaan konsep diatas dapat dilihat bahwa konsep yang lebih terpercaya untuk jangka panjang adalah konsep marketing (pemasaran) karena selalu melihat dari segi kebutuhan dan keinginan dari target pasar mereka, serta mengedepankan kepuasan konsumen mereka.




INFEED
Labels: Farmasi

Thanks for reading Tugas Managemen Farmasi. Please share...!

0 Comment for "Tugas Managemen Farmasi"

Back To Top