Tempatnya Sharing Ilmu Kesehatan Terutama Di Bidang Farmasi

Drug Utilization Study (DUS)

336280

www.consumerreports.org



Drug Utilization Study (DUS) menurut World Health Organization (WHO) adalahstuditentangpemasaran, pendistribusian, peresepan, danpenggunaanobat di masyarakat, terutamaditekankan yang dapatmenimbulkankonsekuensipadapengobatan, sosial, danekonomi.


Penggunaanobatperludikeloladenganbaik agar penggunaanobatefektif, efisien, danrasional. Bilapengaturandanpengelolaankurangbaikakanmenjadimasalahbagipelayanankesehatan. Diperkirakanbahwahingga 50% daripenggunaanantibiotik di rumahsakittidaktepat. BeberapalembagadanPihakberwenangtelahmenunjukkanbahwaterlaluseringmenggunakanantibiotikakanmenyebabkanresistensiantimikroba. Sebuahtinjauansistematisdari 66 studimenyimpulkanbahwaintervensi yang baikbertujuanuntukmeningkatkanresepantibiotik yang suksesdandapatmengurangiresistensiantimikroba.


Dapat diketahui bahwa fokus dari studi penggunaan obat adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dalam peresepan, peracikan, pemberian atau distribusi dan penggunaan obat. Tujuan umum dari studi penggunaan obat adalah mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang berkaitan dengan pengambilan keputusan dalam pengobatan.


Resep adalah permintaan tertulis dari dokter atau dokter gigi, kepada apoteker,baik dalam bentuk paper maupun electronic untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien sesuai peraturan yang berlaku.


Pelayanan resep dimulai dari penerimaan, pemeriksaan ketersediaan, pengkajian resep, penyiapan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan alat medis habis pakai termasuk peracikan obat, pemeriksaan, penyerahan disertai pemberian informasi. Pada setiap tahap alur pelayanan resep dilakukan upaya pencegahan terjadinyakesalahan pemberian obat (medication error).





Telaah resep dilakukan sebagai pemeriksaan terhadap resep dengan melakukan skrining dari kelengkapan administratif, farmasetis dan klinis. Maksud dilakukan telaah resep ini adalah memastikan obat diberikan sesuai indikasi kliniknya, mencegah atau meminimalkan efek yang merugikan akibat penggunaan obat.
INFEED
Labels: Farmasi

Thanks for reading Drug Utilization Study (DUS). Please share...!

0 Comment for "Drug Utilization Study (DUS)"

Back To Top